islamic clock

ZUNI PRASANTI (2009-31-120)

UCHWA TUNNISYA`U AMALIYA 2009-31-219

Manfaat TI dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Teknologi informasi makin berkembang dengan begitu cepat melebihi apa yang kita bayangkan. Dahulu sebuah Pager merupakan barang mahal dan masih langka. Seiring perkembangan Teknologi, saat ini kita bisa lihat anak SD pun sudah punya dan pintar mengoperasikan HP dan Komputer berikut fitur yang ada di dalamnya.
Sebagai orang guru yang lahir pada Zaman di mana TI belum berkembang, maka tak seharusnya bertahan dengan keadaan di mana siswa lebih pintar dari guru dalam hal TI. Memanfaatkan TI bagi seorang guru sudah semakin urgen tampaknya, dan harus khusus bagi kita guru BK, banyak sekali kreasi yang kita buat dalam melayani klien / konseli.
Hal pertama dan merupakan awal memasuki dunia maya anda harus memiliki e-mail. Saat ini sudah lahir begitu banyak sekali account yang bermurah hati memberi kesempatan gratis e-mail, domain maupun hosting. Dan setelah anda memilki e-mail, anda mulai bisa bikin website sendiri. Kalau ada kemauan pasti ada jalan. Begitu kata pepatah, dan itu ternyata benar. Aplikasinya dalam layanan terhadap konseli kita, bisa kita lakukan melalui e-mail. Konseli boleh mengadukan permasalahannya atau curhat dengan kita melaluui e-mail. Dan bukankah itu punya nilai lebih. Tak selamanya konseli mampu berterus terang kalau tatap muka dengan kita, tapi kalau melalui e-mail, kenapa tidak? Dan sudah saya buktikan. Hal yang tak kalah pentingnya, akan sangat menarik jika kita lakukan layanan informasi di kelas dengan menggunakan power point. Belajarlah presentase dengan power point, usia 40 ke bawah saya kira belum terlambat. Yakinlah belajar komputer itu tak sesulit yang anda kira. Namun, dalam kesempatan ini saya juga pesan pada pemerintah dan kepala sekolah untuk mengupayakan pengadaan laptop dan infokus di sekolah kalau tidak ingin kita akan tertinggal lebih jauh dari negara lain. Jangan lagi guru tiap hari makan racun karena harus menggunakan kapur sewaktu mengajar. Contoh power point yang saya buat dalam layanan informasi ada di sini. Jayalah Guru, semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar