islamic clock

ZUNI PRASANTI (2009-31-120)

SULAFUDIN 2009-31-111

MANFAAT BERMAIN BAGI ANAK
Play kegiatan penting untuk perkembangan yang sehat bagi anak-anak dan remaja. Penelitian menunjukkan bahwa 75% perkembangan otak terjadi setelah lahir. Kegiatan terlibat dalam oleh anak kedua merangsang dan mempengaruhi pola hubungan dibuat antara sel-sel saraf. Proses ini mempengaruhi perkembangan keterampilan motorik halus dan kasar, bahasa, sosialisasi, kesadaran pribadi, kesejahteraan emosional, kreativitas, pemecahan masalah dan kemampuan belajar.

Peran paling penting yang bermain dapat memiliki adalah untuk membantu anak-anak untuk aktif, membuat pilihan dan tindakan praktek untuk penguasaan. Mereka harus memiliki pengalaman dengan berbagai macam konten (seni, musik, bahasa, ilmu pengetahuan, matematika, hubungan sosial) karena masing-masing adalah penting bagi perkembangan otak yang kompleks dan terintegrasi. Play bahwa link sensori-motor, kognitif, dan pengalaman sosial-emosional menyediakan pengaturan yang ideal dari perkembangan otak.
Menurut Montessori, dimensi penting dari bermain adalah:
sukarela, menyenangkan, punya tujuan dan spontan
Kreativitas diperluas menggunakan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan sosial, keterampilan bahasa dan keterampilan fisik
Membantu mengembangkan ide-ide baru
Membantu anak untuk beradaptasi sosial
Membantu untuk menggagalkan masalah emosional
Jika bermain adalah pekerjaan anak, mainan adalah alat-alat. Melalui mainan, anak-anak belajar tentang dunia mereka, mereka sendiri, dan lain-lain. Mainan mengajar anak-anak untuk:
Gambar tahu bagaimana sesuatu bekerja
Angkat ide-ide baru
Membangun DNS dan kekuatan otot
Gunakan imajinasi mereka
Mengatasi masalah
Pelajari untuk bekerja sama dengan orang lain
Play konten harus berasal dari imajinasi sendiri anak dan pengalaman.

Sayangnya, pengalaman bermain untuk anak hari ini memang sering berbeda dari orang tua mereka.

Dengan pengaruh yang pernah berkembang media elektronik termasuk TV, video, video game dan internet, anak menghabiskan banyak waktu mereka yang pasif dihibur oleh atau minimal berinteraksi dengan cara pad keyboard atau kontrol dengan perangkat elektronik.

Mainan Bahkan saat ini lebih sering terstruktur oleh komputer onboard yang mendikte pengalaman bermain.

Merampas anak-anak ini bermain terstruktur dengan anak-anak lainnya serta menghabiskan waktu bermain individu dalam bermain kreatif. Orangtua perlu memahami kebutuhan bermain anak mereka dan memberikan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kreativitas adalah bentuk terbebas dari ekspresi diri. Tidak ada yang lebih memuaskan dan memuaskan bagi anak-anak daripada untuk dapat mengekspresikan diri secara terbuka dan tanpa penghakiman. Kemampuan untuk menjadi kreatif, untuk menciptakan sesuatu dari perasaan dan pengalaman pribadi, dapat mencerminkan dan memelihara kesehatan emosional anak-anak. Pengalaman anak-anak selama tahun pertama hidup mereka secara signifikan dapat meningkatkan perkembangan kreativitas mereka.
Pentingnya Proses Kreatif
Semua anak harus benar-benar kreatif adalah kebebasan untuk berkomitmen sepenuhnya kepada upaya dan membuat aktivitas apapun yang mereka lakukan sendiri. Apa yang penting dalam setiap tindakan kreatif adalah proses ekspresi diri. Pengalaman kreatif dapat membantu anak-anak mengekspresikan dan mengatasi perasaan mereka. Aktivitas kreatif seorang anak dapat membantu para guru untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang anak mungkin berpikir atau perasaan. Kreativitas juga mendorong pertumbuhan mental pada anak dengan memberikan kesempatan untuk mencoba ide-ide baru, dan cara berpikir yang baru dan pemecahan masalah. Kegiatan kreatif membantu mengakui dan merayakan keunikan anak-anak dan keragaman serta menawarkan peluang bagus untuk personalisasi pengajaran dan fokus pada setiap anak.
Peluang untuk Kreativitas
Anak-anak membutuhkan banyak kesempatan untuk bermain kreatif dan berpikir kreatif. Mulailah dengan menyediakan kegiatan yang didasarkan pada kepentingan anak-anak dan ide. Ini berarti pembelajaran cara mendengarkan dengan saksama apa yang anak katakan. Hal ini sangat membantu untuk merekam dan menuliskan percakapan anak-anak serta mengambil catatan dan meninjau mereka dengan-Anda guru co.
         Pastikan untuk menawarkan anak-anak berbagai bahan kreatif dan pengalaman. Menjadi kreatif lebih dari gambar atau lukisan. Ada juga fotografi, musik, kunjungan lapangan, bekerja dengan kawat, tanah liat, kertas, air kayu, atau bayangan. Kemungkinannya tak terbatas. Sangat penting untuk memberikan anak-anak banyak waktu untuk mengeksplorasi bahan dan mengejar ide-ide mereka. Ini termasuk waktu untuk berpikir tentang bagaimana merencanakan, merancang, membangun, percobaan dan merevisi ide proyek. Jangan lupa untuk membangun waktu untuk membicarakan ide-ide ini lebih dengan orang lain - baik guru dan anak-anak.
Varietas Pengalaman
Mencari cara untuk memberikan pengalaman masyarakat multi-etnis, multi-budaya dan lainnya untuk anak-anak. Kegiatan seperti kunjungan lapangan, merayakan liburan dan kegiatan dengan kelompok etnis lain, dan anak-anak mendorong untuk mendatangkan pengunjung ke sekolah meningkatkan proses kreatif. Pengalaman lebih beragam anak dalam kehidupan mereka, lebih luas kisaran ekspresi kreatif. Pengalaman yang lebih pribadi anak-anak dengan orang-orang dan situasi di luar lingkungan mereka sendiri, bahan yang lebih mereka dapat memanfaatkan untuk memasukkan dalam permainan mereka. Tantangan kita adalah untuk mencoba untuk tidak terintimidasi oleh berbagai dan keragaman ekspresi seni di kelas kami.
Pembinaan Proses Kreatif
Mendorong anak-anak untuk membuat pilihan mereka sendiri adalah penting. Anak-anak harus diijinkan peluang sering - dan banyak waktu - untuk pengalaman dan mengeksplorasi bahan ekspresif. Anda menekankan pada proses kreativitas dan bukan pada produk jadi. Apa anak-anak belajar dan menemukan tentang diri mereka sendiri sangat penting untuk perkembangan mereka. Tunjukkan dukungan Anda untuk proses kreatif dengan menghargai dan menawarkan dukungan bagi upaya-upaya anak-anak. Kemerdekaan dan kontrol merupakan komponen penting dalam proses kreatif. Hal ini benar terutama ketika bekerja dengan anak-anak penyandang cacat.

Kreatif Play
Salah satu tipe yang paling penting dari kegiatan kreatif untuk anak-anak kecil adalah bermain kreatif.
bermain Kreatif diungkapkan ketika anak-anak menggunakan bahan akrab dengan cara baru atau tidak biasa, dan ketika anak-anak terlibat dalam peran-bermain dan bermain imajinatif. Tidak ada memperkuat semangat kreatif dan memelihara jiwa anak lebih dari sekedar menyediakan blok besar waktu untuk terlibat dalam spontan, self-directed bermain sepanjang hari. Bermain adalah bisnis yang serius anak-anak muda dan kesempatan untuk bermain bebas sangat penting untuk perkembangan kesehatan mereka.
        Bahkan pada awal masa kanak-kanak, pembangunan memupuk permainan fisik dengan mempromosikan pengembangan eksplorasi sensori dan keterampilan motorik. Melalui bermain dan pengulangan keterampilan fisik dasar, anak-anak yang sempurna kemampuan mereka dan menjadi kompeten di tugas-tugas fisik yang semakin sulit. Play memupuk perkembangan mental dan cara berpikir yang baru dan pemecahan masalah. Melalui bermain blok, anak-anak dihadapkan dengan banyak tantangan mental yang berkaitan dengan pengukuran, kesetaraan, keseimbangan, bentuk, hubungan spasial dan sifat fisik.
        Salah satu manfaat terkuat bermain adalah cara meningkatkan pembangunan sosial. Playful interaksi sosial mulai dari saat lahir.
Drama bermain membantu anak-anak bereksperimen dengan dan memahami peran sosial. Hal ini juga bisa memberikan kesempatan yang tak terhitung untuk memperoleh keterampilan sosial mereka bermain dengan orang lain. Melalui bermain drama, anak-anak secara bertahap belajar untuk mengambil kebutuhan masing-masing ke rekening, dan menghargai nilai-nilai dan perspektif yang berbeda.
        Melalui bermain, anak-anak mampu mengekspresikan dan mengatasi perasaan mereka. Bermain juga membantu menghilangkan stres dan tekanan bagi anak-anak.
Mereka hanya bisa menjadi diri sendiri. Tidak perlu untuk memenuhi standar dewasa saat bermain. Play menawarkan anak-anak kesempatan untuk mencapai penguasaan lingkungan mereka. Mereka mengendalikan pengalaman melalui imajinasi mereka, dan mereka melaksanakan kekuasaan mereka pilihan dan pengambilan keputusan seperti bermain berlangsung.
        
Play membantu mengembangkan perspektif yang unik tiap anak dan gaya individu ekspresi kreatif. Play mengungkapkan pribadi anak, respon unik terhadap lingkungan. Bermain adalah aktivitas diri-ekspresif yang mengacu pada kekuatan anak imajinasi. Bermain adalah terbuka, dalam bentuk-bebas dan anak-anak memiliki kebebasan untuk mencoba ide-ide baru serta membangun dan percobaan dengan yang lama.
        Bermain memberikan kesempatan yang baik untuk mengintegrasikan dan termasuk anak-anak cacat dalam program anda.
Bermain peluang menyediakan untuk kontrol dan kemerdekaan merupakan isu penting bagi setiap anak tetapi terutama penting bagi anak-anak ini.
        Apa adalah beberapa cara kita dapat mendorong bermain di kelas kita? Sebagai pengasuh, kita harus berhati-hati untuk menghindari mendominasi bermain sendiri. Play seharusnya merupakan hasil dari ide-ide anak-anak dan tidak diarahkan oleh orang dewasa. Melalui bermain, kita harus berusaha untuk membina kemampuan anak-anak untuk mengekspresikan diri. Kita juga harus berusaha membantu anak-anak bermain berdasarkan inspirasi mereka sendiri - bukan milik kita. Tujuan kami adalah untuk merangsang bermain - bukan mengontrolnya - dan untuk mendorong anak-anak kepuasan dalam bermain dengan satu sama lain.
        Perhatikan bermain, rencana untuk itu, mendorong itu. Pelajari cara untuk memperpanjang bermain anak-anak melalui komentar dan pertanyaan. Merangsang ide kreatif dengan mendorong anak-anak untuk datang dengan menggunakan baru dan tidak biasa peralatan.
Cobalah untuk tetap terbuka terhadap ide-ide baru dan asli, dan mendorong anak untuk datang dengan lebih dari satu solusi atau jawaban. Hati-hati tentang over-membatasi peralatan dan pastikan untuk memiliki bahan bermain cepat tersedia ketika anak-anak ingin mereka. Membeli dan menggunakan peralatan dengan cara yang mendorong penggunaan imajinasi. Hindari mainan dan kegiatan yang mantra segala sesuatu untuk anak dan meninggalkan apa-apa untuk imajinasi. Memberikan anak-anak dengan rentang yang baik dan keseimbangan peralatan, dan menjaga tetap menarik dengan mengubah itu sering atau mengubah lokasinya.


Belajar Melalui Bermain - Ayub seorang Anak
Oleh Jane K. Frobose
Colorado State University Extension
Keluarga dan Pendidikan Konsumen
Denver County, Februari 2008

Bermain adalah menyenangkan bagi anak-anak. Bermain adalah cara anak-anak belajar.
Melalui bermain, anak belajar tentang diri mereka sendiri, lingkungan mereka, orang-orang dan dunia di sekitar mereka. Saat mereka bermain, anak belajar memecahkan masalah dan untuk bergaul dengan orang lain. Mereka meningkatkan kreativitas mereka dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kepribadian yang sehat. Bermain anak-anak perlu mengembangkan keterampilan untuk belajar membaca dan menulis. Bermain pada anak usia dini adalah dasar terbaik untuk sukses di sekolah.
Sebagai seorang anak belajar untuk mencapai, pegang, merangkak, berlari, memanjat dan keseimbangan, keterampilan fisik dikembangkan. Ketangkasan terjadi ketika anak menangani mainan atau benda lainnya.
Bahasa meningkat sebagai anak bermain dan berinteraksi dengan orang lain. Permainan bayi berdekut dengan orang tua berevolusi menjadi keterampilan bahasa sebuah cerita anak berbagi. Belajar untuk bekerjasama, bernegosiasi, bergiliran dan bermain menurut aturan yang penting keterampilan hidup interpersonal, yang semuanya memupuk bermain.
Pengalaman bermain Positif mengembangkan positif kesejahteraan emosional. Melalui bermain dan imajinasi, anak dapat memenuhi keinginan dan mengatasi ketakutan pengalaman yang tidak menyenangkan. Bermain membantu anak menguasai lingkungan. Bila anak merasa aman, aman, sukses dan mampu, mereka memperoleh komponen penting dari kesehatan emosional yang positif. Berbagi pengalaman bermain juga dapat menciptakan ikatan yang kuat antara orangtua dan anak.
Orang tua teman bermain pertama anak mereka. Berikut adalah beberapa panduan untuk bermain dengan anak Anda:
Interaksi - permainan terkaya terjadi ketika dewasa mengambil peran aktif dan memainkan sepanjang sisi anak, bukan hanya memberikan mainan atau pengawasan.
Amati - menonton anak Anda dengan cermat untuk menentukan tingkat keterampilan dan kegiatan favorit.
Ikuti - gabung di pada tingkat anak. Biarkan anak Anda memegang kendali dan menentukan arah permainan.
Jadilah kreatif - Menemukan kembali anak dalam diri Anda. Sisihkan membatasi norma dewasa. Gunakan mainan kreatif.
Have Fun - Bermain harus menyenangkan bagi semua orang - tidak frustasi. Jangan gunakan waktu untuk menguji atau meregangkan keterampilan anak di luar kemampuan.
• Anak-anak adalah pemikir. Orang tua atau pengasuh dapat menimbulkan masalah yang sesuai dengan usia dan tantangan untuk anak-anak untuk membantu mereka anggap sebagai solusi yang berbeda sebanyak mungkin. Hal ini penting untuk mengetahui anak Anda baik sehingga Anda dapat mencocokkan masalah dengan kemampuan anak dan kepentingan.
Umur dan tingkat kemampuan. Play kegiatan harus sesuai dengan anak. Mereka harus agak sulit, tapi tidak begitu sulit untuk menguasai atau menggagalkan anak. Tidak semua anak-anak, bahkan pada usia yang sama, berpikir pada level yang sama dan tidak semua anak memiliki kepentingan yang sama.
Mainan adalah alat peraga permainan. Orang tua harus mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut ketika memilih mainan untuk anak-anak mereka.
Apakah mainan ini merespon dan beradaptasi dengan kepentingan dan kebutuhan dari anak saya?
Apakah mengajak anak saya untuk mengeksplorasi dan menjadi terlibat dengan itu?
Apakah menanggapi rasa ingin tahu alami anak saya dan sifat aneh?
Apakah tidak terstruktur, yang memungkinkan anak saya untuk memutuskan cara terbaik yang harus digunakan? Seharusnya tidak ada cara yang benar atau salah untuk bermain dengan mainan.
Mainan harus tantangan kepentingan anak dan kemampuan. Mereka harus cocok dengan tingkat ketrampilan dan kematangan. Dengan mainan yang tepat, seorang anak akan tidak bosan atau terlalu frustrasi.
Baik bermain soliter dan sosial sangat diperlukan untuk perkembangan anak. Seorang anak dapat bermain dengan mainan bangunan sendirian dan dalam proses, mengembangkan kemandirian, swasembada dan ketekunan. Bermain dengan mainan yang sama dengan orang lain, si anak memperoleh keterampilan sosial seperti berbagi, empati dan kerjasama. Kualitas bahan, pengerjaan halus dan kesederhanaan desain akan menjamin bahwa mainan akan menahan kerasnya bermain anak-anak.
Keselamatan merupakan pertimbangan paling penting ketika memilih mainan. Gunakan panduan berikut:
• Gunakan label usia direkomendasikan sebagai panduan dan mencari peringatan dan pesan-pesan keselamatan lainnya pada kemasan mainan.
• Pertimbangkan lingkungan rumah dan usia lainnya, terutama anak-anak muda di rumah. Sebuah mainan ditujukan untuk anak yang lebih tua mungkin tidak sesuai dan mungkin berbahaya di tangan seorang anak muda.
• Berhati-hatilah ketika memilih mainan untuk anak-anak muda dari tiga. Hindari mainan dengan bagian-bagian kecil yang bisa tertelan atau terhirup termasuk bola kecil dan balon un-meningkat dan mereka dengan poin tajam atau kasar pinggirnya.
• Pastikan bahwa bergetar lembut, squeakers dan mainan tumbuh gigi, bahkan di sebagian besar negara mereka pipih, terlalu besar untuk masuk sepenuhnya dalam mulut bayi.
• Tidak peduli seberapa lama seorang anak, jika dia masih mengucapkan benda, mainan atau potongan mainan tidak harus cukup besar untuk ditelan atau menjadi bersarang di mulut atau tenggorokan.
• Periksa kokoh, baik jahitan dijahitkan pada boneka binatang dan boneka kain. Pastikan bahwa dekorasi apapun diikat dengan aman dan tidak dapat ditarik atau digigit off.
• Carilah kata-kata "bisa dicuci dengan mesin atau permukaan" pada boneka dan mainan kain. "UL Disetujui" (Underwriters Laboratories) harus pada mainan listrik.
• Beli mainan penyimpanan dada yang memiliki tutup yang dapat dilepas atau dukungan pegas memungkinkan tutupnya untuk tetap aman terbuka. Periksa tepi selesai mulus, lubang udara yang tepat dan engsel clearance line, yang terakhir untuk mencegah jari terjepit.
Melindungi anak-anak dari mainan yang tidak aman adalah tanggung jawab semua orang. Hati-hati mainan seleksi dan pengawasan yang tepat anak-anak bermain adalah cara terbaik untuk melindungi anak muda dari cedera mainan-terkait. Mainan harus digunakan, dipelihara dan disimpan dengan benar untuk memastikan bahwa keamanan dibangun pada di pabrik terus di rumah.

Anak-anak terus-menerus belajar keterampilan baru melalui bermain, apakah itu melalui bermain dengan anak-anak lain atau bermain sendirian. Artikel ini melihat ke jenis bermain dan bagaimana mereka mempengaruhi anak-anak dan perkembangan mereka.



Ada empat tipe utama bermain. Ini adalah:

1. Solitary Play
2. Paralel Play
3. Asosiatif Play
4. Co-operative Play



1. Solitary Play
Tahap bermain berlangsung dari lahir sampai sekitar dua tahun. Selama waktu ini kebanyakan anak-anak akan bermain sendiri. Mereka akan membutuhkan bantuan dan dorongan dari orang dewasa tetapi akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka mengeksplorasi sendiri, menonton dan menyalin lainnya. Meskipun belum cukup umur untuk bermain dengan anak lain pada tahap ini, mereka akan bergabung dalam permainan dengan orang dewasa seperti sajak tindakan dan mengintip-a-boo.

2. Paralel Play
Dari usia dua sampai tiga tahun, anak-anak menjadi lebih sadar satu sama lain dan dengan senang hati akan bermain "bersama" anak lagi. Hal ini biasa untuk anak-anak usia ini tidak bersedia untuk berbagi bahagia atau bermain dengan anak lain.

3. Asosiatif Play
Dari usia tiga sampai empat tahun, anak-anak biasanya akan terus bermain di samping satu sama lain daripada bersama-sama, namun mereka sekarang akan mulai mencatat apa yang orang lain lakukan dan mulai untuk menyalin anak-anak lain.

4. Co-operative Play
Ini adalah tahap akhir bermain dan, sekali lagi, berlangsung dari usia empat dan atas. Banyak anak dari kelompok usia ini akan sekarang harus mulai menghadiri pra-sekolah, penitipan anak atau bahkan sekolah formal dan mereka pada usia ketika mereka biasanya menikmati perusahaan anak-anak lain dari usia yang sama. Mereka belajar untuk berbagi dan bekerja sama dengan satu sama lain.
Ada, tentu saja, berbagai jenis bermain. Bermain dapat berisik dan kencang, atau tenang dan menenangkan. Hal ini dapat berantakan dan kreatif atau imajinatif dan emosional. Anak-anak dapat belajar dan bersenang-senang melalui bermain spontan dalam banyak cara yang sama seperti mereka melalui dapat terstruktur bermain.
Anak-anak harus didorong untuk bermain dengan dan tanpa alat peraga, dan kedua di dalam ruangan dan keluar. Mereka harus belajar untuk bermain sendiri, dengan anak-anak atau orang dewasa dan dengan kombinasi keduanya.



Terstruktur Play

Ini terjadi ketika memainkan direncanakan oleh Anda, orang dewasa. Structured bermain sangat membantu jika Anda berniat untuk membantu seorang anak untuk belajar atau mengembangkan keterampilan tertentu, yang anda bisa "struktur" kegiatan sekitar tahap tertentu perkembangan mereka. pengamatan Anda anak akan penting ketika merencanakan untuk jenis bermain.

Free Play

Ini terjadi ketika anak-anak diperbolehkan untuk memilih apa yang mereka ingin bermain. Mereka mengizinkan kebebasan pilihan untuk bermain dalam cara yang tidak direncanakan. pengamatan Anda anak selama bermain bebas akan memberikan pemahaman yang berharga tentang preferensi mereka sebagai anak-anak akan hampir pasti memilih kegiatan mereka menikmati atau menemukan menarik ketika didorong untuk mengambil bagian dalam bermain bebas.

Bila seorang anak diberi kesempatan untuk bermain dalam cara yang terstruktur di mana mereka dapat memilih jenis bermain untuk diri mereka sendiri mereka akan menarik pada semua pengalaman mereka saat mereka mengambil alih situasi bermain bebas. Jika seorang anak bermain di berdandan atau di sudut rumah mereka mungkin menarik tentang pengalaman mereka bahagia, sedih, menyakitkan atau menakutkan dan, sementara anak harus dibiarkan untuk mengambil alih situasi selama peluang bermain bebas ini tidak berarti bahwa orang dewasa tidak harus memberikan dukungan dan bantuan bila diperlukan.

Praktisi memiliki pekerjaan sulit belajar bagaimana untuk memperkaya pengalaman anak bermain tanpa mengambil alih situasi. Untuk seorang anak untuk memahami pentingnya sama dari kedua bermain terstruktur dan membebaskan orang dewasa di sekitar mereka perlu tahu bagaimana mendukung kedua jenis bermain berhasil. Sebagai praktisi, Anda harus tersedia untuk mendengarkan anak-anak, menjawab pertanyaan dan saran menawarkan selama waktu bahwa anak-anak menikmati bermain bebas.

Pentingnya bermain dalam membantu anak untuk mengembangkan

Anak-anak pada waktu mengembangkan perbedaan dan pada tahapan yang berbeda. Tidak ada dua anak yang sama dan penting bahwa perbandingan tidak dibuat antara anak-anak usia yang sama. Ada banyak karakteristik yang dapat mempengaruhi perkembangan anak misalnya jumlah dan usia saudara kandung anak yang sudah, kelahiran diet, prematur dan kehidupan rumah dll Banyak orang tua menjadi khawatir jika anak mereka tidak berjalan atau berbicara dengan usia tertentu dan, meskipun kita dapat menggunakan milestone tertentu sebagai "rata-rata" itu benar-benar tidak mungkin untuk tahapan perkembangan merpati-lubang anak-anak.

Artikel ini telah disatukan oleh organisasi pembelajaran jarak jauh Mulai Belajar yang ahli dalam belajar di rumah.


Bayangkan! Kreatif pengalaman bermain untuk anak di bawah enam
Harga: $ 28,95
  Author (s): Sue Crook dan Petani Betty
  Diterbitkan: 2004
  40 halaman


Pengalaman bermain kreatif sangat penting untuk stimulasi imajinasi anak-anak. Ia menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar, mengekspresikan diri mereka dan berinteraksi dengan orang lain.

Bayangkan! memberikan pemahaman tentang bagaimana membangun merangsang dan pengalaman menyenangkan bermain kreatif untuk anak-anak sampai usia enam tahun. Sue Crook dan Petani Betty menawarkan wawasan ke dalam pengembangan kesadaran lingkungan anak-anak, serta ide-ide untuk pengaturan dan saran untuk alat peraga.

Bayangkan! adalah suatu keharusan untuk orang tua dan pekerja anak profesional peduli.


Praktik Terbaik - Pengalaman Outdoor Play
oleh Crossley Barbara dan Beverlie Dietze

Praktik Terbaik di Pendidikan Anak Usia Dini Pengalaman Play: The Outdoor Play Pengalaman (ISBN: 0-9696808-2-9) telah dicetak ulang dengan izin dari sebuah buku kecil yang dikembangkan oleh Loyalis College melalui dukungan dari Program Pengembangan Kemitraan Sosial Pengembangan Sumber Daya Manusia Kanada. Praktek-praktek terbaik telah didokumentasikan melalui konsultasi dengan profesional penitipan anak, pendidik di pendidikan awal, profesor di perguruan tinggi dan dokter dan penelitian yang melibatkan kelompok fokus, lokakarya, konferensi dan diskusi dengan individu dan kelompok.

Praktek-praktek terbaik muncul dari prinsip-prinsip pengembangan anak didokumentasikan dan melalui penelitian tindakan. Model ini praktik pengetahuan tentang perkembangan anak dan pengaruh lingkungan pada proses perkembangan. praktek terbaik termasuk domain perkembangan sosial, emosi, kognitif, fisik, estetika, budaya, moral dan bahasa.

Masyarakat dan kemitraan keluarga dan kurikulum lokal sesuai menyediakan kerangka kerja bagi praktik terbaik. Hal ini memudahkan desain kurikulum, yang menawarkan berbagai pilihan dan, sambil membangun pada kebutuhan perkembangan dan belajar anak-anak.

praktek terbaik mode tindakan yang memenuhi kebutuhan anak muncul dan kepentingan, individu, kelompok dan kesesuaian budaya dari pengalaman anak-anak di lingkungan yang disiapkan, dan peluang untuk pengalaman menjadi anak-terpusat, anak-dimulai dan fasilitator berbingkai.

Indikator Praktik Terbaik untuk Pengalaman Outdoor Play

1. Sikap
Kondisi Cuaca
Anak-anak membutuhkan pengalaman di luar ruangan setiap hari, di semua jenis cuaca.
Menghormati
Fasilitator menunjukkan rasa hormat anak-anak dengan menawarkan pilihan bahan dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan fisik di luar ruangan.
Fasilitator mendorong anak untuk mengembangkan sikap positif tentang diri mereka sendiri dan di luar rumah.
Pemberdayaan
Fasilitator mendorong anak untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan yang menentukan kegiatan bermain di luar.
pengalaman Rencana terbuka memberikan akses yang sama bagi perempuan dan anak laki-laki untuk berpartisipasi dalam pengalaman bermain dan ada berbagai kegiatan yang netral gender.
Outdoor pemrograman didasarkan pada kepentingan anak-anak daripada kepentingan atau preferensi fasilitator.
Fasilitator menciptakan iklim yang mendukung kebebasan, fleksibilitas, keamanan psikologis, dan dorongan terhadap pengalaman bermain indoor dan outdoor.

2. Kesehatan dan Keselamatan
Rasio
Menjaga rasio. Staf untuk anak-anak sebagaimana diatur oleh peraturan daerah provinsi.
Playground Desain
Desain. Dari ruang bermain di luar memastikan keamanan maksimum anak-anak.
Pemrograman
. Anak-anak memiliki kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang melibatkan pengambilan risiko.
Durasi dari pengalaman bermain di luar adalah cairan.
Ada keseimbangan antara pengalaman kebetulan perencanaan dan spontan.
Keselamatan
. Peralatan bermain dan bahan diperiksa setiap hari untuk memastikan mereka berada dalam perbaikan baik.
pakaian Anak-anak tepat dipelihara dan diikat.
Kesehatan
anak onitor M suhu tubuh.
Pastikan air minum tersedia untuk semua anak.
Pilih outdoor waktu sehingga tidak pada sinar UV maksimum.

3. Perencanaan Program
Manajemen Waktu dan Aliran Program
Fasilitator s anak menghormati kebutuhan untuk mengakses peralatan dan kegiatan yang mendukung mereka dalam menggunakan waktu mereka secara efektif. Ada program teknik yang digunakan untuk mendukung anak-anak sementara mereka menunggu giliran atau dikeluarkan dari permainan.
Pengalaman bermain di luar ruangan memberikan anak-anak dengan blok besar waktu sehingga mereka dapat terlibat dalam eksplorasi kompleks, terintegrasi dan mendalam tentang opsi bermain.
Rasa Keingintahuan
Bahan dan anak-anak peralatan dukungan dalam kebutuhan mereka untuk terlibat dalam eksplorasi, waktu dan pengalaman yang menawarkan tantangan, variasi dan rasa heran.
Anak-anak memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan sesuai usia yang mendukung mereka dalam memperoleh pemahaman tentang konsep-konsep gerakan seperti kesadaran tubuh, hubungan ruang, dan kompetensi dalam keterampilan motorik kasar.
Anak-anak didorong untuk mengeksplorasi konsep-konsep gerakan dengan daerah kurikulum lainnya termasuk seni, musik, dan pengalaman dramatis.
Anak-anak didorong untuk berpartisipasi dalam baru belajar, masalah kesempatan dan pengalaman yang membuat mereka teknik pemecahan masalah yang efektif.
Praktek yang sesuai tahapan perkembangan
Peralatan, material dan pengalaman yang ditawarkan mempertimbangkan kemampuan anak, minat, budaya, ras dan perkembangan keterampilan dari sederhana sampai yang lebih kompleks dalam tugas.
Segmen program outdoor memiliki jadwal harian yang menyediakan prediktabilitas dan keamanan untuk anak-anak.
Kemitraan antara orang tua, anak-anak dan masyarakat dibuktikan dengan berpartisipasi dalam program outdoor.
pemrograman Outdoor menawarkan pengalaman tahapan perkembangan anak sesuai dengan keseimbangan keterampilan, konsep, permainan, irama dan pengalaman tari yang mendukung kepentingan individu dan kelompok anak-anak.
Fasilitator
Fasilitator memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat dalam pertanyaan, mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan dari pengalaman indoor ke domain luar.

4. Lingkungan
Bahan dan Peralatan
Ada berbagai bahan dan peralatan yang menawarkan bagian longgar dan terbuka, sehingga menawarkan banyak kesempatan untuk pembuatan bahan dukungan untuk anak-anak.
Ruang
Ruang anak-anak dengan menyediakan area untuk individu dan kelompok bermain, bermain spontan, penggunaan kendaraan besar, bermain drama, konstruksi, tempat untuk berhenti dan area terbuka untuk gerakan.
Waktu bermain outdoor damai dan dapat diprediksi sebagian besar waktu.
Ada ruang yang menawarkan tempat penampungan anak-anak dari unsur-unsur cuaca tanpa mengurangi waktu bermain di luar.
Ada berbagai ruang tanah dan medan.

5. Kurikulum Dukungan
Fasilitator
Fasilitator menawarkan anak-anak berbagai bahan, tekstur dan pengalaman yang memimpin mereka untuk terlibat dalam bermain soliter dan kelompok.
Ada peluang yang disediakan bagi anak-anak untuk terlibat dalam bermain soliter dan kelompok.
Bahan
Ada bahan yang dipertukarkan dari dalam ruangan ke luar dan sebaliknya.
Ada bahan yang cukup tersedia untuk jumlah anak di tempat bermain.

6. Peran Fasilitator
Komunikasi
Fasilitator terlibat dalam interaksi dengan anak-anak sehingga mereka memperoleh rasa kebutuhan masing-masing anak.
Ada keseimbangan interaksi dan bimbingan antara fasilitator dan anak-anak melalui keterlibatan orang dewasa-anak.
Fasilitator memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat dalam pertanyaan mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan dari pengalaman indoor ke domain luar.
Pendidikan
Fasilitator menawarkan orang tua up-to-date informasi mengenai hubungan bermain luar ruangan untuk pembangunan dan praktek hidup sehat.
Anak-anak memiliki kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan prinsip hidup aktif.
Aplikasi Teori
Anak-anak diberi kesempatan untuk mengamati, mengeksplorasi, menyempurnakan dan mengintegrasikan kemampuan pada tingkat individu mereka selama periode waktu, bukan untuk pengalaman akan tersedia secara jangka pendek.
Bimbingan Anak
Anak prinsip panduan mendukung anak dalam mengelola perilaku dengan cara yang dapat diterima daripada yang dikeluarkan dari pemrograman outdoor sebagai alat hukuman bagi perilaku.
Observasi
Segmen luar dari program direncanakan dan diorganisasikan berdasarkan pada kepentingan anak-anak dan keterampilan.

Referensi
Ainslie, R. C. (1990). Keluarga dan kontribusi pusat untuk penyesuaian bayi di penitipan penuh-waktu. Arah Baru untuk Pembangunan Anak, 49:39-52.
Benson McMullen, M. (1999). Mencapai praktik terbaik dalam perawatan bayi dan balita.
Anak-anak muda, 54 (4) :69-76.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar